Tematik 4A

Seni Budaya dan Prakarya : Tari Saman (24 Juli 2020)

 

Tari saman adalah tarian suku Gayo dari Nangroe Aceh Darusalam (NAD). Gerakan tari saman tergolong cepat dan lincah. Gerakan tari saman dilakukan pada posisi berdiri, berlutut, dan duduk. Tari saman terdiri dari 12 gerakan.

(Perhatikan buku paket tema A hal 14-15 dan hal 38-39)

Tari saman mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan. Tari saman biasanya diiringi oleh syair para penari dan tepukan tangan. Syair yang digunakan untuk mengiringi tari saman menggunakan bahasa Gayo.

Jumlah tari saman bervariasi. Perhatikan contoh formati di bawah ini!

 

 Penari nomor 5 berfungsi sebagai pemimpin yang bertugas menentukan gerakan, level tari, dan syair nyanyian. Penari nomor 4 dan 6 bertugas membantu pemimpin dalam gerak tari. Penari nomor 2, 3, 7, dan 8 bertugas mendukung gerakan dan menjaga kerapatan antarpenari. Sedangkan penari nomor 1 dan 9 bertugas menjaga formasi
agar tetap lurus.

Pola lantai pada tari saman hanya ada dua yaitu berbanjar satu baris dan berbanjar tiga baris. Unsur gerak yang menjadi unsur dasar tari saman adalah tepuk tangan dan tepuk dada.Tari saman memiliki beberapa level. Level tertinggi adalah berdiri dan level terendah adalah membungkuk ke depan hingga hampir rata tanah.

 

Tugas !!!

Kerjakan:

a.  Evaluasi 1 halaman 46 no 29 dan 30

b.  Evaluasi 2 halaman 82 no 29 dan 30

c.  Evaluasi 3 halaman 116 no 29 dan 30

Kemudian kirimkan pada walas melalui link Absen hari Jumat, 24 Juli 2020 maksimal pukul 21.00.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *